Home>>Berita Terkini>>Fakta Menarik tentang 3 Sungai yang Populer Sedunia!
Fakta Menarik tentang 3 Sungai yang Populer Sedunia!
Berita Terkini

Fakta Menarik tentang 3 Sungai yang Populer Sedunia!

HOBI4D – Manfaat sungai sebagai salah satu sumber aliran udara cukup penting keberadaanya,lho. Selain itu, adanya sungai juga berdampak pada keseimbangan ekosistem lingkungan disekitarnya.

Namun, ada perubahan iklim dan peningkatan panas membuat beberapa sungai mengalami kekeringan dan membuat makhluk hidup disekotarnya tak bisa lagi mengandalkan sungai yang sama.

Mungkin, keberadaan sungai yang dialiri air-air jernih akan lebih jarang jika pemanasan global terus meningkat di bumi ini. Apalagi ada negara yang

Disisi lain, sungai juga memiliki berbagai manfaat lain bagi kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai sumber penghasil air.

Tapi ada pula sungai yang dipercaya suci oleh masyarakat setempat dan ada pula sungai yang terkenal dengan sungai 5 warna.

Lebih lanjut, yuk simak fakta menarik sungai-sungai populer di dunia berikut ini:

Sungai Terdalam

Sungai Kongo

Sungai yang memiliki air melimpah dan dinilai sebagai sungai terdalam ini Mula Sungai Kongo. Sungai ini tidak hanya sebagai pemandangan alam yang hanya bisa dinikmati mata saja.

Namun sungai yang membentang di 9 negara di Afrika Barat hingga Tengah ini juga bisa digunakan untuk jalan amarda transportasi.

Sungai Kongo memiliki kedalaman mencapai 200 meter dan dipercaya tidak tembus cahaya matahari. Semakin dalam kamu menyelam di sungai ini, semakin gelap dan kamu susah untuk melihat ekosistem sungai di bawah sana.

Selain itu, Sungai Kongo di Afrika ini memiliki air yang cenderung tenang dan stabil serta memiliki panjang sekitar 1.600 km dan lebar 14 km.

Sungai Dianggap Suci

Sungai Gangga

Salah satu sungai yang terkenal suci adalah Sungai Gangga. Sungai ini dianggap suci oleh masyarakat umat Hindu yang tinggal di India.

Nilai sakral oleh masyarakat setempat karena ada cerita bahwa sungai tersebut dikenal sebagai jelmaan Dewi Gangga yang simpan sebagai pembersih dosa dan pemberi kesuburan.

Menurut cerita yang banyak beredar, sang dewi dapat meberisihkan dosa manusia melalui air yang dikucurkan dalam gucinya.

Itulah salah satu alasan pula banyak umat Hindu yang melakukan ritual di Sungai Gangga saat ada orang meninggal.

Selain itu, ada pula sebuah event besar yang membuat hampir 55 juta umat Hindu di India melakukan mandi di Sungai Gangga.

Sungai 5 Warna

Sangat sering kita menjumpai air sungai bewarna hijau, biru jernih bahkan warna yang cokelat keruh karena adanya lumpur di bawah sungai.

Tapi, berbeda dengan sungai yang satu ini. Ya, Sungai Cano Cristales. Sungai ini terkenal dengan 5 warnanya.

Terletak di Kolombia dan terkenal dengan julukan River of Five Color, sungai ini memiliki warna merah, hijau, kuning, biru dan hitam.

Warna tersebut dapat kita lihat dengan mata telanjang dan hebatnya muncul dari dasar sungai. Bukan tanpa sebab, sungai ini memiliki berbagai warna tersebut karena adanya tanaman air yang tumbuh di sungai tersebut.

Sayangnya, sungai dengan 5 warna ini tidak setiap muncul. Taman Nasional Seraania menjelaskan, biasanya kemunculan 5 warna pada Sungai Cano Cristales dapat dijumpai pada bulan Juni hingga November.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *