Home>>Berita Terkini>>China Simulasi Perang Total Lawan Amerika, Hasilnya Keok
Berita Terkini

China Simulasi Perang Total Lawan Amerika, Hasilnya Keok

HOBI4D-China Simulasi Perang Total Lawan Amerika, Hasilnya Keok

Jakarta – China baru-baru ini menggelar simulasi perang total dengan militer Amerika Serikat di lautan. Hasilnya, mereka ternyata kalah. Seperti apa skenario simulasinya?
Grup riset PLA (People’s Liberation Army) Unit 91404 sebagai bagian dari China’s Institute of Command and Technology of Equipment, menggelar simulalsi itu, melibatkan sekitar 50 dari kapal perangnya yang paling modern.

“Perang total artinya semua sumber daya yang tersedia dan upaya sebuah negara dimobilisasi untuk memenangkan perang. Perang ini tidak hanya melibatkan militer tapi juga populasi sipil dan ekonomi, seperti Perang Dunia I dan II,”

Namun simulasi ini tidak melibatkan nuklir. Lawannya adalah dua grup kapal induk AS yang berada di Taiwan atau Laut China Selatan. Perlu dicatat bahwa skenario ini bukan berarti akan ada perang sungguhan. AS pun atau negara lain kadang melakukan simulasi serupa.

Studi yang diterbitkan di Chinese Journal of Ship Research, menyebut bahwa simulasi tersebut adalah campuran dari permainan perang berbasis komputer dipadukan tes lapangan dari sistem senjata.

Digambarkan bahwa 50 kapal perusak angkatan laut China harus bertahan masing-masing melawan 11 rudal dan tiga torpedo yang ditembakkan musuh.”Senjata ini datang dari berbagai arah dengan berbagai cara, sehingga sulit untuk mempertahankan kapal,” kata para peneliti.

Simulasi serangan jamming dari lawan juga memotong komunikasi dan mengurangi jangkauan radar China hingga di bawah 60%. Situasi itu menghancurkan hampir sepertiga dari kemampuan pertahanan udara kapal perusak China, dengan hanya setengah dari rudal permukaan-ke-udara (SAM) mengenai target mereka.

Dengan kata lain dalam simulasi ini, China kalah dari Amerika. Pakar angkatan laut China yang secara independen menilai hasil simulasi mengatakan bahwa simulasi tersebut realistis.

Namun dalam simulasi sebelumnya, China adalah pemenangnya. Pada Mei, ilmuwan China melakukan simulasi menghancurkan kapal induk terbesar Amerika Serikat saat ini, USS Gerald R. Ford, dengan rudal hipersonik. Secara mengejutkan, periset China pun menyimpulkan bahwa kapal induk itu ternyata bisa ditaklukkan dengan cukup mudah.

Menggunakan sistem simulasi permainan perang, militer China menenggelamkan USS Gerald R. Ford dengan rentetan 24 rudal hipersonik anti kapal, dalam 20 kali laga yang intens.

Hasil dari simulasi itu telah dipublikasikan di jurnal berbahasa China, Journal of Test and Manegement Technology. Dalam skenarionya, kapal AS diserang karena terus mendekati pulau di Laut China Selatan meski sudah beberapa kali diperingatkan.

SOSMED OFFICIAL HOBI4D

Berikut HOT PROMO BONUS HOBI4D :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *