Home>>Berita Sport>>Direktur Utama PT Liga Satu Baru Sampaikan Biaya Penggunaan VAR Bisa Menyentuh 100 Miliar
Direktur Utama PT Liga Satu Baru Sampaikan Biaya Penggunaan VAR Bisa Menyentuh 100 Miliar
Berita Sport

Direktur Utama PT Liga Satu Baru Sampaikan Biaya Penggunaan VAR Bisa Menyentuh 100 Miliar

Direktur Utama PT Liga Satu Baru Sampaikan Biaya Penggunaan VAR Bisa Menyentuh 100 Miliar

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) tampak serius mempersiapkan penerapan VAR untuk Liga 1 musim depan. Namun, Ferry Paulus selaku Dirut PT LIB menerangkan bahwa biaya yang harus dikeluarkan tidak murah.

Penerapan VAR di Liga 1 tidak bisa instan. Ada beberapa langkah dan proses yang mesti dilalui untuk akhirnya VAR benar-benar diterapkan dalam pertandingan kompetisi dalam negeri. Maka jangan heran, jika biaya yang dikeluarkan sangat besar.

“Enggak cukup Rp 10 atau 20 miliar, mendekati Rp 100 miliar,” kata Ferry Paulus terkait biaya VAR seusai acara pelantikan pengurus PSSI di Hotel Fairmont, Jakarta .

TANTANGAN LAIN SOAL PEMASANGAN VAR DI 18 STADION PESERTA LIGA

Selain soal biaya, tantangan lain pemasangan VAR juga membutuhkan regulasi sebelum PT LIB menginvestasikannya di 18 stadion. Ferry Paulus membandingkan dengan sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia yang kondisi geografisnya berdekatan sehingga tidak memerlukan banyak stasiun pemancar.

“Kalau di Thailand itu dengan 16 klub dia punya 4 stasiun, kemudian di Malaysia hanya ada 6 stasiun, di Singapura itu 2 stasiun. Jadi semua ada, di semua klub itu adam karena di Indonesia ini geografisnya agak lebar, bandwith-nya juga variatif,” tuturnya.

“Kemarin Ketum [PSSI, Erick Thohir] juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memperkuat kekuatan sinyal dan bandwith dan sebagainya. Kalau perlu dibangun tower, itu komitmen ketum,” tambah Ferry. Di lain pihak, Erick Thohir juga sudah melakukan langkah konkret soal rencana penerapan VAR. Ia sudah bersurat ke FIFA.

”Bismillah, hari ini kami telah berkirim surat kepada FIFA terkait rencana untuk kembali melanjutkan proses penerapan VAR di Indonesia,” kata Erick, Kamis (25/5).

”Sesuai dengan panduan dari FIFA, kami melampirkan pula beberapa tahapan awal yang harus dipenuhi seperti membentuk VAR Project Team, menetapkan timeline program, kepastian sumber pendanaan dan provider teknologi yang dipilih,” tandasnya.

BACA JUGA: BUKTI JACKPOT MEMBER SETIAP HARI BERMAIN DI BO HOBI4D TERPERCAYA.

SOSMED OFFICIAL HOBI4D

Berikut HOT PROMO BONUS HOBI4D :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *