Home>>Berita Terkini>>Heboh Harimau di Ragunan Kurus
Berita Terkini

Heboh Harimau di Ragunan Kurus

Jakarta – Harimau di Taman Margasatwa Ragunan viral di media sosial karena bertubuh kurus. Pengelola kebun binatang menyebut harimau bernama Juve itu tengah menjalani penyembuhan.
Heboh harimau kurus itu bermula dari unggahan akun Instagram Ketua Animal Defender Doni Herdaru. detikcom sudah mendapat izin dari Doni untuk mengutip informasi ini.

“Video ini diambil hari Rabu, tanggal 14 Desember 2022,” tulis Doni di akun Instagramnya, Jumat (16/12).

Berdasarkan video itu, terlihat seekor harimau berjalan dengan kaki belakang dan pinggul kurus. Cara menapak kaki kanan belakang hewan loreng tersebut juga terlihat tidak lurus seperti kaki kirinya.

Doni menagih penjelasan dari Kebun Binatang Ragunan tentang kondisi harimau yang kurus itu.
-ADVERTISEMENT-

Melalui Instagram @ragunanzoo, pengelola Ragunan merespons unggahan Doni. Video itu juga diunggah oleh Doni.

“Kami ingin menanggapi video yang tengah viral mengenai salah satu harimau Benggala di Taman Margasatwa Ragunan,” kata petugas Taman Margasatwa Ragunan dalam video tersebut.

Dia memberi penjelasan itu di depan kandang si harimau. Video juga merekam cara gerak harimau ini.

Juve Sudah Tua
Harimau asal India yang viral tersebut bernama Juve, usianya 16 tahun alias sudah tua untuk ukuran harimau. Perawat harimau tersebut, dr Sulton, menjelaskan Juve sakit pada 27 November lalu, namun saat ini sudah pulih.

Menurut penjelasan dokter perawat harimau Juve, harimau ini tidak kurus, namun memang sudah cukup tua.

Rentang usia harimau di alam liar paling tua adalah 15 tahun, sedangkan usia harimau di penangkaran dan kebun binatang bisa sampai 20 tahun. Maka Juve yang berusia 16 tahun sudah cukup ‘senior’.

“Untuk berat badan, Juve tergolong ideal. Dia sudah sembuh dari sakit tapi masih proses recovery,” kata dokter hewan perawat Juve dalam video tersebut.

Juve Alami Kelainan Tulang Belakang
Video tersebut merekam gerakan Juve dari belakang, terlihat bagian tubuh belakang Juve ramping karena memang begitulah bentuk tubuh harimau. Ada kelainan tulang kaki kanan belakang Juve yang merupakan bawaan lahir, sehingga cara berjalannya agak geal-geol. Namun dia dinyatakan sehat.

“Apalagi, Juve ada kelainan di kaki belakang, maka terlihat cekung. Jadi kita perlu melihat tulang costae (rusuk) juga, bukan hanya tulang pinggul,” kata dokter hewan tersebut.

Wahyudi mengatakan harimau jantan itu dikeluarkan dari ruang isolasi untuk membantu proses penyembuhannya pada Rabu (14/12). Dia menduga momen itu yang direkam oleh pengunjung dan viral di media sosial.

“Karena selama ini kan harimau tersebut di dalam kandang isolasi, kasihan kan, mereka perlu udara luar dan perlu istilahnya latihan supaya dia dapat cahaya matahari dan cahaya matahari diperlukan untuk bisa mempercepat proses penyembuhan,” ujar Wahyudi.

“Namun yang terjadi ternyata persepsi itu lain ya. Di social media dikatakan bahwa harimau kita kurus-kurus, tidak dirawat. Justru itu karena kita rawat ya. Supaya hewan itu cepat sehat,” dia menambahkan.

Juve Alami Gangguan Saluran Urine
Wahyudi mengatakan Juve mengalami sakit di saluran urinenya dan membutuhkan pengobatan yang cukup lama. Dia mengatakan kondisi Juve semakin baik dan bisa menghabiskan 6 kilogram daging sekali makan.

“Jadi dia mengalami gangguan di saluran urinenya. Jadi, ini ya memang perlu pengobatan yang cukup waktu ya, jadi waktu cukup lama,” kata dia.

BACA JUGA: BUKTI JACKPOT MEMBER SETIAP HARI BERMAIN DI BO HOBI4D TERPERCAYA.

SOSMED OFFICIAL HOBI4D

Berikut HOT PROMO BONUS HOBI4D :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *